Macam macam Keramik Lantai Dilihat Segala Aspek Pendukungnya

  • Penulis Kolom
  • Feb 05, 2023

Lantai rumah menjadi faktor penting dalam mendekorasi rumah saat ini. Kebanyakan lantai rumah sekarang menggunakan macam macam keramik lantai dengan motif yang indah. Keramiknya juga dibuat dari bahan-bahan yang kokoh, tahan lama serta kedap air.

Berbagi motif dari keramik dapat disesuaikan dengan tema dekorasi rumah. Secara umum, rumah atau bangunan saat ini dibangun dengan tema-tema tertentu sesuai dengan keinginan pemiliknya. Keramik lantai dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis berikut:

1. Keramik Porselen

Macam macam keramik lantai yang pertama yaitu porselen. Penampilannya mengkilap dan elegan, warnanya pun memiliki efek  cerah. Bahan dasar dari keramik ini yaitu tanah liat putih berwarna putih keabu-abuan. Disebabkan bahan dasar ini, keramiknya memiliki warna putih keabu-abuan berefek cerah.

Namun jika pembeli tidak menyukai model keramik mengkilap, keramik ini juga memiliki tipe yang doff. Dimana tipe ini desainnya tidak mengkilap tapi tetap terlihat cerah, warnanya lebih pastel. Biasanya tipe ini digunakan di kamar mandi.

2. Keramik Marmer

Bahan pembuat keramik ini adalah mineral-mineral di alam yang solid. Karena terbuat dari bahan alam murni, kesan penampilan keramiknya  lebih natural dan segar alami. Corak dari keramik ini berupa guratan atau goresan dengan warna alami.

Jenis keramik ini cocok digunakan di kamar mandi, karena mudah dibersihkan. Dimana permukaannya hampir seperti kaca, sehingga mudah dilap atau disikat. Walaupun mengkilap keramik ini tidak terlalu licin.

3. Keramik Jenis Semen

Jenis semen ini terkesan lebih kokoh dan kuat, bentuknya tentu seperti semen kotak-kotak. Waran dari keramik ini tentu abu-abu gelap atau abu-abu biasa seperti semen. Perbedaanya dengan lantai semen mungkin hanya pada bentuk kotak-kotaknya.

Biaya pemasangan untuk keramik semen ini sangat murah dan pengerjaannya juga mudah. Teksturnya yang kasar dan agak berbatu seperti semen, maka keramik jenis semen ini sangat cocok dipasang di garasi dan taman.

4. Keramik Andesit

Bahan utama keramik ini adalah batuan alam berjenis andesit, bentuknya hampir sama dengan keramik semen. Namun lebih natural seperti batuan berbentuk kotak-kotak. warnanya pun variatif sesuai warna batu-batuan yang ada di alam.

Keramik andesit  memiliki kekuatan dan kekokohan bahannya, karena dibuat dari batuan alam asli. Sehingga membuat keramik tahan dengan cuaca apapun, baik panas, hujan dan lainnya. Pemasangannya pun cocok dilakukan di luar ruangan.

5. Keramik Bermotif Kayu

Seperti namanya, keramik ini memiliki motif seperti susunan kayu sehingga menampakkan lantai kayu. Selain digunakan sebagai lantai rumah, keramik ini juga cocok digunakan pada permukaan meja dapur serta dinding dapur. Karena bentuknya alami dan sederhana.

6. Keramik Homogenous Tile

Keramik ini jenis keramik modern dimana dibuat dengan teknologi tingkat tinggi. Sehingga bahannya kuat dan kokoh dan motifnya pun mewah. Motif ini dibuat berdasarkan desain yang telah dirancang sebelumnya oleh desainer.

Biaya pembuatan keramik ini cukup tinggi dari yang lainnya, sehingga harga penjualannya juga tinggi. Namun kualitas dan keeleganan yang ditampilkan sangat menjanjikan Sehingga ini  sering digunakan dibangunan mewah sepertii mansion, restoran, hotel, kantor, serta apartemen.

7. Keramik Jenis Refractory

Keramik ini dibuat dari silika atau alumina yang tahan dengan api, sehingga keramik anti api. Pembuatannya dibakar atau dipanaskan dalam waktu yang lama melalui teknologi canggih. Cara pembakaran ini hampir sama dengan pembuatan parang besi.

Keramik ini mungkin hampir terlihat sama dengan tungku, karena fungsinya memang sebagai alas tempat pembakaran.  Sehingga biasanya keramik ini dipasang pada permukaan tungku, alas pembakaran atau sebagai pelapis lantai.

Macam macam keramik lantai di atas dapat dijadikan acuan keramik untuk berbagai bangunan. Penggunaanya dapat disesuaikan dengan tema bangunan, fungsi keramik atau tempat pemasangannya. Segala aspek tersebut harus jadi pertimbangan dalam pemilihan jenis keramik.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *