Kelemahan Dak Keraton Atau Keramik Beton Yang Harus Diketahui 

  • Penulis Kolom
  • May 22, 2023

Jika sudah tahu apa saja kelebihan yang dimiliki maka harus tahu juga mengenai kelemahan dak keraton untuk diketahui. Karena setiap apa yang memiliki kelebihan tentu memiliki celah sebagai kekurangan. Sehingga dengan kekurangan ini bisa lebih dipertimbangkan. 

Di bawah ini pun akan disebutkan mengenai beberapa kekurangan dari penggunaan dak keraton. Jadi bila memang kelemahan ini masih bisa diatasi untuk penggunaan, maka bisa langsung menggunakannya. Berbeda saat kelemahan ini akan sangat berpengaruh terhadap pembangunan

Apa Itu Dak Keraton? 

Sebelum membahas apa saja kelemahannya, kali ini akan diulas terlebih dahulu mengenai apa itu dak keraton. Jadi kata keraton di sini bukan berarti kerajaan atau dak khas keraton. Namun merupakan singkatan dari keramik beton. 

Jadi keraton ini adalah merupakan keramik yang terbuat dari bahan beton. Material ini biasa digunakan sebagai pekat rusuk yang terbuat dari bahan berupa komposit beton. Dimana fungsinya sendiri sebagai pelat lantai. 

Pada dak keramik beton ini memiliki lubang pada setiap sisinya. Sedang fungsi dari lubang pada keramik beton ini adalah sebagai konstruksi pada lantai. Ukuran dari keraton ini yang akan mudah ditemukan dipasaran adalah ukuran 25×21×10 cm. 

Untuk kapasitas kekuatannya pun beragam, ada yang mampu menahan beban hingga 100 kg atau bahkan dengan kapasitas 500 kg. Dimana untuk kapasitas ini akan mempengaruhi harga dari keramik beton. Tentu dengan beberapa keunggulan di dalamnya. 

Kekurangan Dak Keraton

Setelah mengetahui apa itu itu dak keraton, langsung akan dibahas juga soal apa saja kekurangannya. Jadi memang ada beberapa kelemahan dak keraton yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Jadi langsung simak saja apa kekurangannya.

1. Tingkat Kualitas Yang Terbatas

Kekurangan pertama yang dimiliki dari dak keraton ini adalah tingkat kualitas yang terbatas. Sangat berbeda dengan jenis dan lain yang memiliki beberapa tingkatan kualitas yang dipilih. Sedang untuk dak keraton hanya beberapa tingkat saja. 

Misalnya untuk penggunaan dak rumah maka ada kapasitas kekuatan atau izin terberat 55 kg per cmnya. Atau dengan ukuran dak keraton k175. Sedang untuk kualitas maksimumnya setara dengan kekuatan dak beton k200. 

2. Bentangan Maksimum Relatif Sempit 

Kemudian untuk kelemahan yang kedua adalah bahwa bentangan dari dak keraton ini relatif sempit. Sebab untuk amannya, maka dak keraton hanya boleh dibentangkan dengan jarak maksimal 4 meter. Sehingga harus ada upaya lain jika ingin luas. 

Jadi saat dak yang akan dibuat ini lebih dari empat meter yang merupakan bentangan aman, maka harus ditambah dengan perlakuan lain. Jadi di bawah dok ini nantinya harus dipasang berupa blok dan juga kolom. Ini berguna untuk menyangga strukturnya. 

Sehingga ada kelemahan lain yang juga terlihat dalam hal ini, yakni harus menggunakan jasa profesional. Hal ini dikarenakan dak keraton ini masih belum banyak dikenal, sehingga tidak semua bisa memasangnya. Jadi harus menggunakan jasa profesional. 

3. Hanya Cocok Untuk Dak Persegi 

Kemudian kelemahan berikutnya yang juga dimiliki oleh dak keraton ini hanya cocok digunakan di tempat yang persegi. Hal ini disebabkan karena material dak keraton ini memiliki konsep blok. Jadi nanti lainya adalah one way slab. 

Seperti ini karena disebabkan penempatan dak keraton ini adalah dari arah pendeknya. Jadi bila ingin membuat dak dengan bentuk oval atau bundar, maka bisa lebih mempertimbangkan lagi. Berbeda saat akan membuat dak kotak.

Demikian adalah beberapa kelemahan dak keraton yang perlu diketahui. Jadi kekurangan yang dimiliki sendiri sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Karena jika dilihat dari segi manfaat justru memiliki lebih banyak keunggulan. 

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *