Jenis Kanopi Baja Ringan yang Bisa Dipakai

  • Penulis Kolom
  • Jun 13, 2023

Untuk membuat luar rumah lebih tertata, maka bagian atasnya bisa diberi kanopi baja ringan. Selain menghalau panas, kanopi ini juga memiliki fungsi estetika tinggi. Jenis kanopi baja ringan juga banyak dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Apabila ingin memasang kanopi baja ringan namun bingung memilih jenisnya, maka pada artikel ini akan diberikan beberapa pilihan yang pas. Setidaknya ada lima jenis kanopi yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Kanopi Baja Ringan Gantung Minimalis

Pilihan pertama yang bisa dijadikan pilihan adalah kanopi baja ringan gantung minimalis. Jika memiliki rumah yang lahannya tidak terlalu luas, maka proses pemasangan berbagai hal akan membutuhkan pertimbangan yang banyak.

Rumah yang tidak luas memang akan terlihat lebih sempit saat dipasang berbagai detail tambahan. Aspek ini juga berlaku saat akan memasang kanopi. Oleh karenanya, diperlukan jenis kanopi gantung minimalis untuk rumah seperti ini.

Sesuai dengan konsepnya, kanopi gantung akan memfokuskan bebannya pada dinding saja tanpa ada penyangga tambahan. Meski demikian, ukurannya yang ringan tidak akan membebani bagian dinding hingga membuat rusak.

2. Kanopi Baja Ringan Membrane

Kemudian untuk jenis kedua ada kanopi baja ringan membrane. Untuk jenis yang satu ini cocok dipasang di berbagai spot luar rumah. Jadi rangkanya akan memakai baja ringan, sedangkan bagian lain akan memakai bahan membrane.

Karena memakai bahan membrane, maka bebannya tidak akan terlalu besar. Meski demikian, kekuatannya akan terjamin karena bahan membrane tidak mudah rusak. Jadi tidak heran jika jenis ini banyak dijadikan pilihan.

Pilihan warna untuk kanopi jenis ini serta membrannya juga beragam. Jadi jika ingin membuat rumah tetap estetik dengan kanopi baja ringan, prosesnya tidak akan terhambat. Pemilihannya akan mudah dan tidak membingungkan.

3. Kanopi Baja Ringan dengan Kayu

Jenis kanopi baja ringan selanjutnya bisa dikombinasikan dengan kayu. Pilihan seperti ini juga sangat menarik karena tetap memberikan kesan asri pada bagian kanopi. Warnanya kayunya yang coklat akan tetap cocok dengan baja ringan.

Apabila memiliki rumah dengan konsep kayu, maka pilihan ini akan sangat pas. Pasang saja kanopi dengan baja ringan, kemudian bagian atasnya dipasang kayu dengan ukuran yang sesuai. Permukaannya juga bisa dibuat dengan estetika tinggi.

Baja ringan yang dijadikan rangka utama tetap bisa menahan beban kayu dengan baik. Namun sebagai pertimbangan, cari kayu dengan beban yang kecil. Pilihan seperti ini akan membantu kanopi agar lebih kuat dan kokoh.

4. Kanopi Baja Ringan dengan Tanaman Menjalar

Untuk pilihan yang satu ini, fokus utamanya berada pada aspek estetika. Jadi nantinya, bagian rangka memakai baja ringan kemudian diberi tanaman menjalar di sekitarnya. Agar tanaman ini bisa menutupi bagian atas, maka rangkanya agak rapat.

Namun pastikan untuk memberi jeda di setiap rangkanya agar proses menjalarnya tanaman lebih mudah. Biasanya, kanopi ini akan pas untuk bagian taman atau tempat bersantai lainnya. Jenis tanamannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Kanopi Baja Ringan Zincalume

Opsi kanopi baja ringan terakhir yang bisa dipilih adalah jenis zincalume. Untuk rangkanya akan tetap memakai baja ringan. Sedangkan untuk bagian atas akan memanfaatkan zincalume, bahan yang sejenis dengan seng.

Bahan zincalume ini akan pas untuk dijadikan atap kanopi karena memiliki kekuatan yang baik. strukturnya sudah memakai baja lapis sehingga akan menghalau hujan dan panas dengan mudah. Jadi jangan lupakan pilihan ini.

Itulah lima jenis kanopi baja ringan yang bisa dijadikan pilihan. Setiap jenis pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karenanya, pilih dan sesuai dengan kebutuhan pemasangan yang sesuai.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *