Istilah Arsitektur Sunda

  • Kolom Arsi
  • Jul 20, 2022
ISTILAH ARSITEKTUR SUNDA (WANGUNAN) BAHASA SUNDA KELAS 9 YouTube
ISTILAH ARSITEKTUR SUNDA (WANGUNAN) BAHASA SUNDA KELAS 9 YouTube from www.youtube.com

Avoid using too many long sentences, and use shorter, simpler sentences instead.

Istilah arsitektur Sunda mengacu pada jenis arsitektur yang dibuat oleh para arsitek Sunda di Jawa Barat. Arsitektur Sunda merupakan salah satu jenis arsitektur yang paling populer di Indonesia dan umumnya mengikuti gaya arsitektur tradisional. Di sini kami akan menceritakan sekilas tentang apa itu istilah arsitektur Sunda, bagaimana sejarahnya, dan beberapa istilah yang terkait dengan arsitektur Sunda.

Sejarah Arsitektur Sunda

Arsitektur Sunda merupakan jenis arsitektur yang berasal dari Jawa Barat yang mendapatkan pengaruh dari arsitektur Cina, India, dan Eropa. Arsitektur Sunda mulai berkembang sejak abad ke-8 Masehi. Ia didorong oleh pengaruh budaya Cina, India, dan Eropa yang mempengaruhi arsitektur lokal. Arsitektur Sunda menjadi sangat populer di Jawa Barat sejak abad ke-16 Masehi, dan masih merupakan jenis arsitektur yang paling umum di Indonesia. Sejak abad ke-17 Masehi, arsitek Sunda telah membuat gaya arsitektur yang khas dan unik, yang masih dapat dilihat hingga saat ini.

Istilah Arsitektur Sunda

Ada beberapa istilah yang paling sering digunakan untuk merujuk pada arsitektur Sunda. Istilah ini termasuk:

Katang

Katang merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis bangunan yang digunakan untuk menyimpan beras dan berbagai bahan makanan lainnya. Bangunan ini biasanya dibuat dari kayu dan memiliki atap yang berbentuk setengah bola. Istilah lain untuk bangunan ini adalah jeroan. Bangunan ini juga dikenal sebagai gudang beras.

Gede

Gede adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis rumah yang dibangun dengan desain tradisional. Rumah ini biasanya dibuat dari kayu dan memiliki atap yang berbentuk setengah bola. Rumah ini juga dikenal sebagai rumah tradisional. Rumah ini umumnya dibangun di daerah-daerah yang lebih tinggi.

Sawah

Sawah adalah istilah lain untuk lahan pertanian. Di Indonesia, lahan pertanian umumnya merujuk pada lahan yang digunakan untuk menanam padi. Lahan ini biasanya dikelilingi oleh pagar untuk melindungi tanaman dari binatang dan hama.

Lontar

Lontar adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis pohon yang umumnya tumbuh di daerah-daerah lembab. Daun lontar dapat digunakan untuk membuat papan, genting, dan berbagai jenis perabotan lainnya. Pohon lontar juga dapat digunakan untuk menghasilkan bahan bakar.

Lapindo

Lapindo adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis bangunan atau rumah yang dibangun dengan desain tradisional. Istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada rumah yang dibangun dari kayu dan memiliki atap yang berbentuk setengah bola. Bangunan ini juga dikenal sebagai rumah tradisional.

Kesimpulan

Istilah arsitektur Sunda merujuk pada jenis arsitektur yang dibuat oleh para arsitek Sunda di Jawa Barat. Arsitektur Sunda merupakan salah satu jenis arsitektur yang paling populer di Indonesia dan umumnya mengikuti gaya arsitektur tradisional. Istilah-istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada arsitektur Sunda meliputi katang, gede, sawah, lontar, dan lapindo. Arsitektur Sunda memiliki beberapa ciri khas seperti atap berbentuk setengah bola dan desain tradisional. Arsitektur Sunda telah berkembang sejak abad ke-8 Masehi dan masih populer hingga saat ini.

FAQs

Apa yang dimaksud dengan istilah arsitektur Sunda?

Istilah arsitektur Sunda merujuk pada jenis arsitektur yang dibuat oleh para arsitek Sunda di Jawa Barat. Arsitektur Sunda merupakan salah satu jenis arsitektur yang paling populer di Indonesia dan umumnya mengikuti gaya arsitektur tradisional.

Apa ciri khas arsitektur Sunda?

Arsitektur Sunda memiliki beberapa ciri khas seperti atap berbentuk setengah bola dan desain tradisional.

Sejak kapan arsitektur Sunda mulai berkembang?

Arsitektur Sunda mulai berkembang sejak abad ke-8 Masehi.

Apa istilah-istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada arsitektur Sunda?

Istilah-istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada arsitektur Sunda meliputi katang, gede, sawah, lontar, dan lapindo.

Apakah arsitektur Sunda masih populer hingga saat ini?

Ya, arsitektur Sunda masih populer hingga saat ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *