6 Cara Menata Kamar Tidur Ukuran 3×3 Agar Terasa Luas Namun Tetap Estetik

  • Penulis Kolom
  • Jun 11, 2023

Memiliki kamar tidur yang berukuran 3×3 membuat penghuninya terasa sesak jika penataan barang-barang didalamnya tidak tertata rapi. Maka dari itu banyak trik dan cara menata kamar tidur ukuran 3×3 yang akan membuat ruangan terasa luas.

Namun, tentu saja penataan ruang berukuran kecil ini menjadi tantangan tersendiri karena banyak yang ingin mementingkan estetika dan kenyamanan. Sebab itulah, terdapat beberapa alternatif dalam menata kamar tidur yang berukuran kecil. Berikut tips dan triknya:

1. Palet Kayu Untuk Alas Kasur

Daripada menggunakan divan sebagai alas kasur, lebih baik menggunakan palet kayu sebagai pengganti alas kasur. Selain memperluas ruangan, penggunaan palet kayu pun lebih hemat biaya. Gunakan dinding sebagai tempat untuk bersandar.

Desain minimalis dan alami pun menghiasi kamar tidur jika menggunakan palet kayu. Lengkapi dengan kasur busa yang lumayan tebal agar kenyamanan saat tidur dapat dirasakan. Selimut dan sprei yang berukuran besar pun menambah kesan estetik.

2. Buatlah Penyimpanan Tersembunyi

Memiliki tempat penyimpanan yang memuat banyak barang seperti lemari yang besar memang tampak lebih praktis. Namun, penggunaan lemari yang terlalu besar dapat memakan tempat yang lebih banyak dan membuat ruangan terasa sesak.

Maka dari itu, manfaatkanlah satu sisi dinding untuk menyimpan lemari yang desainnya ramping dengan rak yang terbuka. Tambahkan beberapa laci dengan tatakan yang dapat memuat banyak barang. Pasanglah tirai yang cantik untuk menambah privasi.

3. Perpaduan Warna

Seperti yang umum diketahui, warna putih memang membuat suatu ruangan tampak lebih luas dan cerah. Tapi, tentu saja tidak perlu membuat semua ruangan dan perabotan menjadi serba putih. Perpaduan warna yang tepatlah yang menjadi kunci.

Agar kamar tidur lebih nyaman, padukan warna-warni dari aksesoris dan furnitur yang digunakan pada ruangan ini. Perpaduan cat dinding warna putih dengan sprei dan selimut berwarna krem atau coklat dapat membuat kesan yang hangat.

4. Hadirkan Cermin Pada Dinding

Ternyata, penggunaan cermin dapat membuat ruangan tampak lebih luas. Sebab, cermin dapat memantulkan ruangan di depannya dan membuatnya seolah-olah menjadi ruangan tambahan. Karenanya, tambahkan cermin yang besar di salah satu dinding agar kamar tidur menjadi luas.

Penggunaan cermin akan menciptakan suatu ilusi ruangan yang membuatnya menjadi luas, trik klasik ini juga dapat digunakan pada ruangan lain. Pastikan juga pencahayaan yang masuk sudah terasa cukup agar visualisasi cermin tergandakan.

5. Buatlah Headboard

Penggunaan headboard menjadi salah satu cara menata kamar tidur ukuran 3×3 yang tetap mementingkan kesan estetika pada suatu ruangan. Menggunakan pajangan yang terlalu banyak dapat membuat kamar tidur menjadi sempit dan sesak.

Headboard pun dapat menjadi solusi alternatifnya, yaitu dengan membuat satu titik pada kamar dengan menampilkan satu pajangan yang berukuran besar. Pajangan yang mencolok ini dapat berupa cermin, karena bisa menjadi salah satu headboard yang direkomendasikan.

6. Gunakan Tempat Tidur Bertingkat atau Kasur Multifungsi

Jika mempunyai budget lebih untuk menata ruangan, maka tempat tidur bertingkat dapat menjadi  salah satu tips untuk menata kamar. Tempat tidur yang bertingkat dapat memangkas lebih banyak tempat sehingga dapat menambah furnitur lain yang dibutuhkan.

Namun, apabila biaya yang tersedia cukup pas-pasan maka penggunaan tempat tidur yang multifungsi seperti sofa bed bisa menjadi alternatif. Selain menghemat ruangan, penggunaan furniture yang multifungsi cocok bagi pecinta desain minimalis.

Itulah beberapa cara menata kamar tidur ukuran 3×3 agar terasa luas namun desainnya tetap estetik. Penggunaan barang-barang yang minimalis dan mempunyai kegunaan yang multifungsi dapat membuat kamar tidur ini tampak lebih luas.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *