6 Cara Buat Pintu Geser Mudah Dari Kayu Balok Dan Triplek

  • Penulis Kolom
  • Mar 28, 2023

Melakukan pembangunan rumah pada lahan yang tidak terlalu luas memang menjadi tantangan tersendiri. Namun jangan khawatir sebab ada beberapa cara buat pintu geser yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan fungsi ruang yang ada.

Keuntungan menggunakan jenis pintu geser yaitu batasan antar ruang yang ada bisa menjadi lebih luas. Hal ini lantaran pintu geser tak memakan banyak tempat layaknya pintu biasa. Berikut beberapa cara untuk membuat pintu geser:

1. Menentukan Tiga Ukuran Utama

Daftar pertama yang menjadi cara buat pintu geser adalah melakukan penuntutan terhadap tiga jenis ukuran utama. Hal ini dapat dijalankan dengan melakukan pengukuran terhadap lebar jumlah dinding yang akan dipasang pintu geser.

Paling tidak lebar ukurannya 2x lipat dari ukuran pintu biasa. Berikutnya yang perlu diukur yaitu tinggi dari dinding, bermula dari lantai hingga ke langit-langit. Bagian terakhir atau ketiga yang perlu diukur adalah lebar dari kusen pintu.

2. Memilih Kayu Berkualitas

Tahap selanjutnya untuk membuat pintu geser yaitu melakukan pemilihan terhadap kayu yang berkualitas bagus. Biasanya jenis kayu yang diperlukan adalah kayu triplek untuk pintu serta kayu balok yang nantinya dipakai untuk kerangka.

Dalam melakukan pemilihan dianjurkan untuk memilih kayu yang tidak terlalu berat. Hal ini karena nantinya pintu akan ditempatkan dalam ruangan yang ada di rumah. Pasalnya kayu yang ringan serta lentur cukup mudah untuk dibuat pintu.

3. Menyiapkan Peralatan

Langkah selanjutnya ketika membuat pintu geser adalah mempersiapkan beberapa macam peralatan yang diperlukan. Beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan meliputi roll meteran, kemudian gergaji kayu, perlu juga besi penyangga, amplas, mesin bor.

Selain itu juga perlu alat lain seperti cincin besi, lalu pengait, ada juga pipa besi. Butuh juga yang namanya pipa 90 yang nantinya akan dipakai untuk melakukan pemasangan pintu pada bagian dinding.

4. Membuat Kerangka Dalam Dan Luar

Berikutnya pada tahapan pembuatan kerangka pintu, kerangka bagian dalam akan dilakukan penggabungan dengan kerangka bagian luar. Langkah awalnya yaitu potong kayu kemudian rangkai hingga membuat kerangka. Susun kayu sampai bentuknya persegi panjang, kemudian satukan memakai sekrup.

Ketika kerangka bagian dalam sudah jadi tinggal pasang saja triplek yang berfungsi sebagai penutup. Untuk mempermudah proses penggeseran pintu dianjurkan untuk memilih triplek yang tidak terlalu berat. Pemotongan triplek bisa disesuaikan dengan kerangka dalam tadi.

5. Memasang Pengait Besi dan Roda Pintu

Tahapan berikutnya yaitu melakukan penancapan bagian pengait besi yang fungsinya untuk substitusi engsel pintu. Adapun kegunaan dari pengait besi itu sendiri adalah untuk tempat peletakan besi penyangga. Dengan begitu pintu pun bisa bergantung.

Pemasangan bagian roda pada pintu fungsinya adalah untuk mempermudah pintu bergeser. Jumlah roda yang dipasang adalah dua pasang yang bisa diletakkan pada bagian kanan serta kiri dari pintu. Usahakan pemasangan bisa seimbang supaya tumpuan tidak goyang.

6. Pemasangan Besi Penyangga

Tahapan terakhir sebagai cara buat pintu geser yaitu memasang bagian besi penyangga. Keberadaan dari besi penyangga ini adalah untuk menggantung pintu geser.

Dalam pemasangan lakukan penyesuaian ukuran panjang dari besi penyangga dengan panjang pintu geser. Untuk tahap ini diperlukan beberapa benda tambahan seperti cincin besi, kemudian pipa besi dan yang lainnya.

Itulah sekilas pembahasan mengenai cara buat pintu geser dari kayu dan triplek. Terkadang menggunakan pintu geser menjadi pilihan tersendiri bagi sejumlah orang. Terlebih yang mempunyai ruangan terbatas, karena pintu geser tidak terlalu memakan ruangan sebagaimana pintu biasa.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *