5 Campuran Cat Tembok Biar Mengkilap dan Anti Air

  • Penulis Kolom
  • Feb 17, 2023

Menjaga agar cat tahan lama dan tampak mengkilap mungkin menjadi hal yang selama ini sulit dilakukan karena faktor tertentu. Hal ini membuat sebagian orang berinovasi dengan campuran cat tembok biar mengkilap berdasarkan pengalaman best practice.

Ada kalanya tidak semua orang merasa cocok dengan pilihan warna cat tembok berbahan mengkilap yang tersedia dari pabrik. Terlebih bila pilihan warna cat yang dibutuhkan bervariasi karena untuk bidang tembok yang akan dilukis dengan cat.

Adapun rekomendasi campuran bahan yang dapat digunakan sebagai coating cat tembok supaya hasil akhir tampak bersih mengkilap adalah sebagai berikut:

1. Lem Kayu

Salah satu yang mungkin jarang diketahui orang adalah penggunaan lem kayu sebagai finishing untuk menutup lapisan cat tembok. Lem kayu tidak hanya bisa memberikan efek kilap pada dinding, tetapi juga aman dari air dan jamur.

Sebelum diaplikasikan pada tembok, lem kayu perlu dilarutkan pada air hingga tercampur rata dan tidak tersisa gumpalan lem. Kemudian bisa disapukan pada dinding dengan menggunakan kuas tanpa perlu terlalu ditekan dan pastikan cat sudah kering.

Ada juga cara lainnya yaitu dengan langsung mencampurkan lem pada cat dan diencerkan dengan air dengan perbandingan komposisi tertentu. Namun, hal ini ditakutkan justru dapat mengubah kualitas cat dan tentunya mengubah warna akhir cat.

2. Satin Glo

Inovasi yang dikembangkan salah satu merk cat tembok ternama ini merupakan jenis cat dengan hasil akhir medium gloss. Komposisi water-based yang cocok untuk interior agar tahan lama, anti jamur, dan dapat dipakai untuk dinding tulis.

Harga per liter berkisar 150rb dengan pilihan warna yang bagus dan beragam untuk disesuaikan dengan selera konsumen. Disarankan menggunakan cat satin glo minimal 2 lapis untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan waktu pengeringan 1 jam.

3. Zamitex

Zamitex merupakan bahan polimer yang dapat dipakai sebagai campuran cat tembok biar mengkilap bahkan anti air dan noda. Kelebihan lain dari Zamitex adalah bisa digunakan pada berbagai macam permukaan tidak hanya tembok, tetapi kayu, besi, genteng, dan fiber.

Untuk cara penggunaannya, hanya perlu mencampurkan 1 kg Zamitex pada campuran cat tembok dengan ditambahkan sekitar 5-15% air. Hal ini bisa dilakukan untuk hasil cat yang bagus dan tahan lama, sekalipun menggunakan cat harga murah.

4. Clear Gloss

Produk jenis ini juga telah dikembangkan oleh berbagai produsen cat sebagai opsi untuk coating dengan hasil akhir yang mengkilap. Clear gloss merupakan cairan transparan yang berbahan water-based acrylic, dapat digunakan pada tembok, kayu, dan plastik.

Dengan adanya lapisan clear gloss, kelak tembok bisa terhindar dari bekas noda karena bisa dibersihkan dengan lap basah. Produk ini biasanya bisa langsung digunakan tanpa perlu pengenceran, kering 30 menit, dan cukup diaplikasikan satu lapis.

5. Water Repellent Solution

Produk water repellent merupakan solvent-based atau berbahan dasar minyak yang berguna untuk pelapis akhir pada tembok atau batu. Bahan ini dibuat untuk melindungi lapisan cat tembok agar tahan terhadap perubahan perubahan suhu dan kelembapan udara.

Pada penerapannya dianjurkan 2 kali pelapisan tanpa pengenceran dan sebaiknya memakai kuas atau rol dengan tekanan rendah. Biasanya untuk per liter dapat diperoleh kisaran 100rb dan mudah dicari di berbagai toko bahan bangunan ataupun e-commerce.

Itulah beberapa rekomendasi campuran cat tembok biar mengkilap serta awet dalam waktu lama sekalipun terpapar udara dan air. Dengan ini, cat tembok tampak tetap bersih dan cemerlang karena mudah dibersihkan dengan air sekalipun terkena noda.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *