Apa Itu Arsitektur Jaringan?

  • Kolom Arsi
  • Apr 19, 2022
Pengenalan Arsitektur Jaringan Komputer AS SI
Pengenalan Arsitektur Jaringan Komputer AS SI from as-si.blogspot.com

Use simple language, avoid jargon and abbreviations.

Arsitektur jaringan adalah cara komputer dan perangkat lain saling terhubung dan berbagi informasi. Arsitektur jaringan memiliki dua komponen utama, yaitu infrastruktur jaringan dan protokol jaringan. Infrastruktur jaringan mengacu pada jaringan fisik dan logis yang dibangun untuk menghubungkan perangkat. Protokol jaringan adalah aturan yang menentukan cara perangkat berbagi data. Arsitektur jaringan dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu tingkat aplikasi, tingkat transportasi, dan tingkat jaringan.

Tingkat Aplikasi

Tingkat aplikasi adalah tingkat yang paling atas dari arsitektur jaringan. Ini adalah tingkat yang berhubungan dengan aplikasi dan protokol yang digunakan untuk mengakses jaringan. Contoh protokol yang sering digunakan di tingkat ini adalah Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Protokol ini digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan. Contoh aplikasi yang sering digunakan di tingkat ini adalah browser web, aplikasi email, dan client FTP.

Tingkat Transportasi

Tingkat transportasi adalah tingkat di mana protokol transportasi digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan. Contoh protokol yang sering digunakan di tingkat ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP). Protokol ini menyediakan mekanisme untuk mengirim data melalui jaringan dengan menggunakan alamat IP. Protokol transportasi juga memungkinkan pengiriman data yang dapat diandalkan atau tidak dapat diandalkan.

Tingkat Jaringan

Tingkat jaringan adalah tingkat yang berhubungan dengan infrastruktur jaringan. Contoh protokol yang sering digunakan di tingkat ini adalah Internet Protocol (IP) dan Address Resolution Protocol (ARP). Protokol ini menyediakan mekanisme untuk mengirim data melalui jaringan dengan menggunakan alamat IP. Ini juga menyediakan mekanisme untuk mengidentifikasi dan mengatur perangkat jaringan.

Kesimpulan

Arsitektur jaringan adalah cara komputer dan perangkat lain berbagi informasi. Ini dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu tingkat aplikasi, tingkat transportasi, dan tingkat jaringan. Protokol yang umum digunakan di tingkat aplikasi adalah HTTP, FTP, dan SMTP. Protokol yang umum digunakan di tingkat transportasi adalah TCP dan UDP. Protokol yang umum digunakan di tingkat jaringan adalah IP dan ARP. Dengan memahami arsitektur jaringan, Anda dapat membuat jaringan yang efisien dan dapat diandalkan.

FAQ

Apa Itu Arsitektur Jaringan?

Arsitektur jaringan adalah cara komputer dan perangkat lain saling terhubung dan berbagi informasi. Ini dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu tingkat aplikasi, tingkat transportasi, dan tingkat jaringan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Tingkat Aplikasi?

Tingkat aplikasi adalah tingkat yang berhubungan dengan aplikasi dan protokol yang digunakan untuk mengakses jaringan. Contoh protokol yang sering digunakan di tingkat ini adalah Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).

Apa Yang Dimaksud Dengan Tingkat Transportasi?

Tingkat transportasi adalah tingkat di mana protokol transportasi digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan. Contoh protokol yang sering digunakan di tingkat ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

Apa Yang Dimaksud Dengan Tingkat Jaringan?

Tingkat jaringan adalah tingkat yang berhubungan dengan infrastruktur jaringan. Contoh protokol yang sering digunakan di tingkat ini adalah Internet Protocol (IP) dan Address Resolution Protocol (ARP).

Apa Manfaat Memahami Arsitektur Jaringan?

Dengan memahami arsitektur jaringan, Anda dapat membuat jaringan yang efisien dan dapat diandalkan.

Apakah Ada Aplikasi Yang Sering Digunakan Di Tingkat Aplikasi?

Contoh aplikasi yang sering digunakan di tingkat aplikasi adalah browser web, aplikasi email, dan client FTP.

Kesimpulan: Arsitektur jaringan adalah cara komputer dan perangkat lain berbagi informasi. Ini dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu tingkat aplikasi, tingkat transportasi, dan tingkat jaringan. Protokol yang umum digunakan di tingkat aplikasi adalah HTTP, FTP, dan SMTP. Protokol yang umum digunakan di tingkat transportasi adalah TCP dan UDP. Protokol yang umum digunakan di tingkat jaringan adalah IP dan ARP. Dengan memahami arsitektur jaringan, Anda dapat membuat jaringan yang efisien dan dapat diandalkan.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *